Membuat Blogger

on Rabu, 08 Desember 2010
Sebelum kita belajar membuat blog perlu kita mengetahui apa sih sebenarnya blog itu. Blog merupakan singkatan dari “Weblog” yaitu bentuk aplikasi yang menyerupai tulisan-tulisan ( yang dimuat sebagai posting ) pada sebuah halaman web umum.  Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan dari penggguna blog tersebut.
Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh google.com pada akhir athun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.
Ada banyak blog-blog yang secara gratis bisa kita ikuti, namun tiap blog menawarkan fitur yang berbeda-beda, beberapa blog yang cukup banyak diminati seperti: Blogger, Wordpress dan multiply.
Nah, sekarang kita akan belajar membuat blog menggunakan blogger. Blogspot merupakan salah satu layanan blog gratis produk dari google.com jadi sebelum membuat blog spot kita harus daftar sebagai akun di gmail silahkan buka http://www.gmail.com atau silahkan baca artikel membuat email pada blog http://myratips.blogspot.com
Langkah-langkah membuat blogspot sebagai berikut:

Langkah-langkah membuat blogspot sebagai berikut:
1.       Buka www.blogger.com akan tampil halaman seperti berikut

2.       Klik “get started” seperti pada gambar

3.       Isi semua formulir pendaftarannya seperti pada gambar
-          Masukkan alamat email
-          Ketik ulang alamat email
-          Isi halaman nama tampilan yang kita inginkan
-          Masukkan captcha
4.       Setelah semua diisi, jangan lupa centang bagian saya menerima persyaratan dan layanan

5.       Klik lanjutkan seperti pada gambar

6.       Bagian kedua kembali kita isi semua data yang dibutuhkan
7.       Beri judul blog yang menarik sesuai dengan konsep blog yang kita inginkan

8.       Beri alamat blog yang mudah diingat oleh orang, agar user dengan mudah menemukan blog kita

9.       Klik lanjutkan


10.   Pilih template yang kita inginkan

11.   Klik lanjutkan
12.   Klik mulai blogging.


Kita sudah selesai membuat blog, agar menarik jangan upa blog kita  posting artikel-artikel atau catatan harian kita. Selamat mencoba…. Untuk lebih jelasnya silahkan download materi membuat blog disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar